Membuat aplikasi web dalam 30 menit

Filed under: , , , by:


Entah kenapa, beberapa waktu belakakangan ini saya menjadi terobsesi mempelajari Grails. Mungkin karena iri dengan RoR namun malas untuk belajar Ruby. Atau karena terpengaruh hasutan temen2x sesama programmer. Atau mungkin hanya iseng aja. Yang jelas, akhir2x ini saya banyak dibuat kagum dengan kemudahan yang ditawarkan Grails dalam membuat web app secara cepat dan mudah.

Oh ya, biasanya jika di artikel2x lain yang membahas mengenai tutorial, biasanya sipenulis akan mengawali dengan paragraf yang memperkenalkan secara singkat mengenai teknologi yang akan diterangkannya. Namun jujur saja, kali ini saya agak malas untuk menulis paragraf yang sebenarnya sudah banyak yang menuliskannya. So, jika anda blm mengetahui mengenai Grails silahkan merujuk ke website nya aja ya :-p .

Well, kalo gitu kita langsung aja membuat aplikasi sederhana yang saya sebut dengan coPas. Aplikasi coPas ini adalah aplikasi yang mirip dengan aplikasi codepaste yang dibuat oleh Bradley Gill dimana anda dapat meperlihatkan source code anda kepada orang lain dengan tampilan yang bagus dengan mudah.

Menyiapkan Lingkungan Kerja
Seperti biasa juga, sebelum kita mulai membuat suatu aplikasi, kita dituntut untuk selalu memastikan bahwa lingkungan kerja dikomputer kita sudah terdapat berbagai tool yang dibutuhkan. Dalam membangun aplikasi mengunakan Grails, berikut ini adalah daftar aplikasi / tool yang seharusnya sudah ada dilingkungan kerja komputer anda.
- Java SDK
- Grails
Sedangkan untuk langkah2x installasi setiap tool tersebut silahkan merujuk ke websitenya masing2x.

Membuat template aplikasi
Jika anda sudah berhasil menginstall semua tool yang dibutuhkan, kini anda dapat memulai membuat aplikasi. Silahkan buat template aplikasi dengan cara mengetikkan perintah dibawah ini pada console anda.
$grails create-app copas
Jika perintah tersebut berhasil maka kini akan ada direktori baru bernama copas. Silahkan masuk kedalam direktory tersebut dengan mengetikkan
$cd copas
Apabila anda melihat direktori itu, maka anda akan menemukan banyak direktori dan file2x yang nantinya akan kita butuhkan dalam mengkonfigurasi aplikasi copas tersebut. Namun, untuk sementara ini kita belum akan menyentuh direktori / file 2x tersebut.
Sekarang silahkan anda ketikkan perintah dibawah ini untuk membuat domain pertama anda. Yang dimaksud dengan domain disini adalah sebuah class yang mirip dengan POJO dan berisi representasi dari sebuah table dalam database anda. Untuk kali ini kita hanya kan membuat domain "Code" yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan source code yang user masukkan keaplikasi kita ini.
$grails create-domain-class Code
Setelah perintah tersebut selesai dijalankan, silahkan buka file grails-app/domain/Code.groovy dengan editor kesayangan anda. Anda akan melihat bahwa didalam domain tersebut hanya beisi class kosong. Kini anda harus mengisikannya dengan beberapa attribute sehingga akan seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu, dari lokasi root direktori proyek anda ini, silahkan ketikkan perintah dibawah ini
$grails generate-all
Dan kemudian jalan aplikasi dengan perintah berikut ini
$grails run-app
Silahkan tunggu beberapa saat hingga aplikasi anda berjalan dengan sukses, dan kemudian ketikkan pada kotak alamat dibrowser anda lokasi http://localhost:8080/copas.
Seharusnya kini akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

Agar tampilan source code yang telah anda simpan nanti dapat dimunculkan dengan rapi, maka anda harus menginstall plugin syntax-highlighter. Ketikkan perintah berikut ini pada console
$grails install-plugin syntax-highlighter
Kemudian modifikasi file grails-app/views/code/show.gsp sehingga akan menjadi seperti dibawah ini

Sekarang silahkan jalankan kembali aplikasi anda dengan perintah $grails run-app
Wah, ternyata gampang kan bikin aplikasi web :D

update :
Saya sudah membuat project di google code. Silahkan download source code nya disini untuk mempelajarinya.

2 komentar:

On 9:36 AM , Irregular Zero said...

Looking at the submitedDate, it seems to me that you want to keep track of the last time the object has been updated. You can replace that by just putting in:
Date lastUpdated

And it will automatically set the time everytime. The documentation about that is under '
Automatic timestamping'

 
On 1:32 PM , Indrio Eko Purnomo said...

@asri
thx for your info about that. In other hand, as you know grails / gorm set ID (primary key) with Long and auto increment by default. Do you know how to change primary key of my table with String ? thx again for your info