Hosting gratis aplikasi J2EE

Filed under: by:

Sebagai developer aplikasi Java, khususnya J2EE, sering kali saya merasa bingung jika ingin mem-publish karya saya agar dapat dilihat atau dipergunakan oleh orang lain. Baik itu untuk hal yang berkaitan dengan kepentingan bisnis maupun pribadi. Hal itu disebabkan karena sedikitnya layanan hosting gratisan yang dapat menjalankan aplikasi J2EE saya tersebut. Kadang saya iri dengan para developer PHP yang mempunyai banyak pilihan hosting gratisan untuk mempublikasikan karyanya.


Solusi yang akhirnya saya tempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara membuat app server sendiri dirumah yang saya hubungkan dengan internet. Namun memiliki app server pribadi sangat menyulitkan bagi saya dalam pengelolaannya. Banyak energi, waktu, dan biaya yang harus dipersiapkan untuk itu, setidaknya saya harus memiliki sebuah mesin yang cukup kuat dan akses internet yang bagus dan murah.

Akhirnya, setelah usaha pencarian yang cukup melelahkan ini, saya menemukan sebuah tempat dimana saya dapat men-deploy aplikasi J2EE saya agar dapat dipublikasikan. Kini saya dapat men-deploy aplikasi saya di Morph Labs yang merupakan penyedia layanan Platform as a Service (PaaS). Mereka menyediakan berbagai resource yang kita butuhkan untuk mendeploy aplikasi2x berbasis Java(J2EE, Grails) dan Ruby on Rails(RoR).

Wah, saya bingung mo cerita apalagi soal ini. So, kalau tertarik silahkan saja langsung menuju ke website-nya dan silahkan lihat contoh aplikasi equinox yang saya sudah deploy disana.

0 komentar: