Collaborative Development with Python and Grails

Filed under: by:

Setelah berjibaku selama lebih dari 4 jam, akhirnya saya berhasil membangun aplikasi menggunakan framework / system appengine kepunyaan google. Aplikasi yang baru saya buat ini merupakan modifikasi aplikasi sebelumnya yang saya buat menggunakan grails. Well, ternyata tidak sulit juga membangun web app menggunakan python + django.


Aplikasi ini sebetulnya cukup sederhana saja, yaitu hanya menyediakan ruang editing bagi beberapa orang untuk saling berkolaborasi membuat kode program secara realtime. Aplikasi collabdev yang saya buat itu, baik yg dibangun menggunakan grails ataupun python sebetulnya juga merupakan hasil usaha saya mempelajari sistem serupa yang sudah ada sebelumnya, yaitu collabedit, namun sepertinya pembuatnya tidak melepaskan kode sumbernya kepublik. Oleh karena itu saya berkeinginan untuk mebuat app yang serupa dengan itu dan kemudian melepaskannya kepublik supaya setiap orang bisa mempelajarinya dan ikut mengembangankannya. Rencananya, minggu ini saya kan usahakan untuk membersihkan kode2x program collabdev sehingga nantinya akan lebih rapih dan kemudian segera melepaskannya kepublik.

Lalu, bagaimana sebetulnya cara penggunaan app saya ini?

Well, anda bisa memulai dengan membuka halaman utama app tersebut. Kemudian anda akan dibuatkan satu id yang unik dan satu dokumen yang masih kosong. Ditempat yang kosong tersebut anda bisa masukkan kode program anda dan kemudian memberikan alamat dokumen tersebut kepada rekan kerja anda. Setelah rekan anda membuka halaman dokumen tersebut, kini anda dan rekan anda tersebut bisa secara bersama2x membangun kode program yang sama diarea tersebut.

Saya sudah mengatur agar setiap 200ms dokumen anda tersebut tersimpan kedalam sistem secara otomatis, sehingga anda tidak perlu kuatir akan kehilangan kode yang sudah anda bangun.

Lalu, apalagi yang akan menjadi target saya selanjutnya ?


  • Saya akan coba untuk mengembangkan app tersebut (baik yang dibangun menggunakan python atau grails) agar mendukung autentikasi sehingga akan lebih aman.
  • Kemudian, saya berencana juga untuk menggabungkan dengan protokol XMPP sehingga akan lebih memudahkan anda untuk berkomunikasi dengan rekan kerja anda yang menggunakan Google Talk atau layanan IM lainnya.
  • Selain itu, saya juga akan mencoba untuk membuat konektor agar collabdev bisa juga membuka dokumen / source code yang ada didalam svn dan kemudian akan langsung mengkomit apabila anda sudah selesai mengubahnya.
  • Dan masih banyak lagi :)

Akhir kata, selamat mencoba menggunakan dan mengembangkan collabdev

Happy Hacking
:)

0 komentar: